.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Sunday, February 17, 2008

TAHUKAH ANDA ?

sumber : http://www.unitedindonesia.com/forum/archive/index.php?t-1459.html



1) Berkumurlah sehabis anda minum/makan yg asam2 ( jeruk dll ), karena menurut penelitian, asam itu bisa menyebabkan bakteri di mulut dan mampu bertahan hidup serta mengeluarkan produk2nya seperti toxin or endotoxin yang bisa ngerusak gigi dan jaringan sekitarnya.
2) Jangan menggantungkan kesehatan mulut dari gosok gigi saja, tapi gunakanlah juga mouth-wash. Pilih mouthwash yg tdk mengandung alkohol, krn alkohol itu cepat menguap. Hal ini bisa mengiritasi bagian gusi, bisa menyebabkan kekeringan pada mulut. It means, pekerjaan mekanis yang biasa dilakukan ludah untuk membersihkan mulut tdk berjalan. Malah di beberapa site dan buku, menyebutkan bahwa alcohol yang berada di mouth wash salah satu penyebab kanker pada daerah leher dan kepala.
3) Buah seharusnya dimakan saat perut kosong, bukan sebagai makanan penutup yang disantap selesai makan nasi.
Buah lebih mudah diserap dalam lambung, hanya butuh waktu singkat sudah dapat masuk kedalam usus kecil, saat itu nasi masih belum sepenuhnya hancur, akibatnya jalan bagi buah tersebut terhambat. Makanan dalam lambung akan berubah menjadi asam. Makanan dalam lambung, asam lambung ditambah lagi dengan buah, mudah menyebabkan buah berubah kwalitas, sehingga menimbulkan efek buruk bagi tubuh.
Yang lebih penting lagi, makan buah dengan perut kosong dapat menghindari rambut berubah menjadi putih, botak, syarat tegang, hitam pada sekeliling mata.
4) Sari buah, harus diminum fresh, jangan meminum produk kemasan, seperti minuman kaleng, dll. Serat buah sangat berfaedah, sebab itu makan buah utuh efeknya jauh lebih bagus daripada hanya minum sari dari buah saja. Saat minum sari buah, minum seteguk demi seteguk, sehingga ada waktu yang cukup bagi sari buah untuk bercampur dengan air liur.
3 hari bersantap buah, hanya makan buah, minum air buah perasan maka seluruh tubuh menjadi lebih segar.
5) Jangan terlalu banyak minum minuman pengganti ion tubuh, krn bila dibaca di komposisinya ada kandungan asam. Asam yg terlalu banyak bisa merusak gigi.
6) Bagi yang punya anak, jangan dibiasakan (jika anak sakit) memberikan antibiotik, karena selain dapat mengakibatkan resisten (kekebalan) pada mikroorganisme patogen (jahat), bisa juga mengakibatkan warna gigi anak berubah menjadi kehitaman, terutama, bila diberikan pada usia2 sedang pertumbuhan gigi permanen.
7) Penelitian di Havard School of Public Health menemukan, pria setengah baya yang pemarah cenderung menderita kerusakan paru-paru lebih cepat. Mereka yang lebih mudah marah menderita penurunan daya paru-paru yang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mudah meledak dan berfikir positif. Menurut teori, amarah mempengaruhi proses hormonal, bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan radang kronis yang merusak jaringan tubuh.
8) Mematikan lampu ketika tidur malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh.
Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.
Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari - sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.
9) Jumlah kalsium per 100 gram teri kering hampir sama jumlahnya dengna susu kalsium. Untuk 100 gram teri kering kandungan kaslsiumnya mencapai 1.200, beda tipis dengan susu kalsium dalam takaran sama yang kandungan kalsiumnya mencapai 1.450-2.000.
Teri kering memang makanan laut yang paling tinggi kalsiumnya. Dan jika dibandingkan dengan teri basah hanya sekitar 500 dalam takaran yang sama. Rebon dan sarden kaleng juga termasuk dalam makanan tinggi kalsium.
Makanan lain yang dianjurkan untuk mencegah osteoporosis adalah susu dan produk turunannya seperti keju, yoghurt yang mempunyai kandungan kalsium 33-1.180 per 100 gram. Untuk sayuran, daun pepaya, bayam, sawi, dan brokoli mempunyai kandungan kalsium 110-353 per 100 gram.
Sedangkan kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti kacang panjang, susu kedelai, tempe, tahu tiap 100 gram memiliki kandungan 124-347 kalsium. Konsumsi kalsium standard nasional 1.000-1.200 mg perhari.


note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

1 Comments:

At 11:00 AM, Blogger geLLy said...

nakasih bngt tuk infonya,bermanfaat sekali ayu...

aku klo habis makan mimik teh hijau ini sama ga' ama kumur2 buah asam....

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com