.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Tuesday, April 03, 2007

khasiat pisang, pandan wangi dan belimbing wuluh

1 > PISANG
Pemanfaatan/Kegunaan: Pisang disamping sebagai pencuci mulut juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Berdasarkan kandungan energi dalam buah pisang (sebagaimana disebutkan di atas) maka pisang direkomendasikan oleh para ahli herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti: pendarahan rahim, sariawan usus, ambeien, cacar air, telinga dan tenggorokan bengkak, disentri, amandel, kanker perut, sakit kuning, pendarahan usus besar, diare, dll.

Jika dikonsumsi secara rutin, pisang dapat membantu menyembuhkan sakit maag. Daging buah pisang dapat melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat berfungsi sebagai anti radang. Pisang juga dapat mengobati tekanan darah tinggi, karena pisang mengandung potassium yang tinggi yang berguna bagi orang yang harus melakukan diet rendah garam. Pisang juga dapat mengurangi tingkat depresi, membantu fungsi syaraf karena kandungan vitamin B6, yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah dan antibody untuk melawan berbagai penyakit dan membantu fungsi system syaraf. Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari, tidak ada salahnya untuk mencoba memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual. Berikut ini beberapa resep pengobatan dengan ramuan pisang:

Untuk mengobati kanker perut: 1 tunas pisang ukuran sedang dan 1 potong benalu teh. Parut tunas pisang lalu peras dan ambil airnya sampai mencapai 3 – 4 gelas. Rebus bersama benalu teh hingga air tersisa separonya. Bagi ramuan menjadi dua, minum ramuan pagi dan sore. Lakukan pengobatan secara teratur (ramuan ini bisa juga digunakan untuk mengobati pendarahan usus besar).

Untuk mengobati pendarahan rahim: 1 tunas/anak pisang ukuran sedang dan 1 bonggol benalu teh. Parut tunas pisang lalu peras dan ambil airnya sekitar 2 – 3 gelas. Rebus bersama bonggol benalu teh hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, bagi ramuan menjadi dua. Minum ramuan 1 kali sehari.

Untuk mengobati ambeien: 1 buah pisang kluthuk mentah, adas pulasari secukupnya, 1 potong gula merah. Parut pisang, lalu ambil airnya. Campur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai rata. Saring dan diminum sekaligus.

Disamping dimanfaatkan buahnya, daun pisang juga mempunyai banyak kegunaan terutama sebagai pembungkus makanan dan juga hiasan. Batang pisang juga mempunyai banyak kegunaan, salah satunya untuk menancapkan wayang dalam pentas/pagelaran wayang kulit.
2> PANDAN WANGI
Pemanfaatan: Di Indonesia terdapat dua jenis pandan yang kita kenal, yaitu pandan wangi yang sering digunakan untuk masakan serta pandan duri (pandan yang memiliki duri di tepi daunnya serta baunya tidak wangi) yang digunakan untuk pembungkus makanan. Selain digunakan untuk masakan (sebagai aroma pewangi) tanaman pandan wangi juga memiliki kegunaan yang lain. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa daun tanaman ini mengandung zat kimia alami yang berdampak positif bagi kesehatan, antara lain alkaloida, saponin, flavonoida, tannin, polifenol dan zat warna alami. Dalam uji coba beberapa kali yang dilakukan oleh ahli herbal, pandan wangi direkomendasikan dapat digunakan untuk pengobatan beragam gangguan seperti rambut rontok, ketombe, lemah syaraf dan rematik.
Untuk mengatasi rambut rontok, resepnya adalah sebagai berikut: 1 lembar daun pandan wangi segar ditambah segenggam daun urang-aring, 6 lembar daun mangkokan, 10 lembar daun waru muda segar, 10 kuntum bunga melati dan 1 kuntum bunga mawar. Cuci semua bahan lalu potong-potong secukupnya. Masukkan dalam panic dan tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri (masing-masing ½ cangkir). Panaskan sampai mendidih lalu angkat. Setelah dingin disaring. Oleskan ramuan ini ke bagian kepala yang rambutnya rontok, pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya keramas. Lakukan pengobatan 3x dalam seminggu.
Resep untuk menghilangkan ketombe: daun pandan wangi segar sebanyak 6 – 7 lembar. Cuci sampai bersih lalu giling halus. Tambahkan 1 cangkir air bersih dan remas-remas pandan sampai benar-benar lumat. Saring, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala yang berketombe. Biarkan mongering baru kemudian dibilas/keramas. Lakukan pengobatan 1 – 2 hari sekali.
Resep untuk mengobati lemah syaraf: 3 – 4 lembar daun pandan wangi segar. Cuci bersih, buang tepinya, lalu dipotong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai air tersisa separuhnya. Dinginkan hingga hangat kuku, saring, kemudian bagi menjadi 3 bagian. Minum ramuan ini pagi, sore dan malam. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.
Resep untuk mengobati rematik: daun pandan wangi segar sebanyak 4 lembar. Cuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Seduh dengan ½ cangkir minyak kelapa murni yang telah dipanaskan, aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok badan yang sakit. Lakukan pengobatan 2 – 3 kali sehari. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati pegal linu.
Selain resep-resep di atas, daun pandan juga mempunyai kegunaan untuk menghitamkan rambut. Resepnya adalah sebagai berikut: 7 lembar daun pandan wangi segar. Cuci bersih lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 – 5 gelas air bersih sampai warna air menjadi hijau. Saring, lalu embunkan air rebusan tadi semalaman. Pagi harinya campurkan rebusan tsb dengan air perasan 3 buah mengkudu masak. Gunakan ramuan ini untuk mencuci rambut. Lakukan 3x seminggu sampai rambut benar-benar hitam.
Secara tradisional daun pandan wangi juga banyak digunakan sebagai pewangi rambut dengan dicampur bunga mawar, melati, cempaka dan kenanga. Selain itu ekstrak tumbuhan pandan wangi juga banyak digunakan untuk bahan baku pembuatan minyak wangi dan pewarna alami.
3> BELIMBING WULUH
khasiat dan kegunaannya dapat dilihat di :
note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com