.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Friday, February 22, 2008

KHASIAT LOBAK PUTIH

http://bodro.fkuii.org/?p=68
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=301


* Dibuat jus dapat menenangkan saraf

Bentuk umbi lobak seperti wortel, tapi isi dan kulitnya berwarna putih. Bentuk lobak juga lebih gembul dibanding wortel. Namun beberapa

saat setelah berada di permukaan tanah, kulit lobak akan berubah kehijau-hijauan. Di balik kelezatan lobak (Raphanus sativus Linn, umbi ini ternyata punya banyak khasiat dalam pengobatan tradisional. Lobak bersama beberapa herba lain dapat digunakan untuk mengatasi insomnia atau menenangkan saraf.

LOBAK adalah tanaman sayur berkhasiat obat. Pada umumnya, tanaman sayur dapat digunakan untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur. Begitu pula lobak, dapat digunakan untuk mengatasi sulit tidur. Selain anti-insomnia juga bersifat hipnotis dan saporifis.

Seperti dikatakann Ir WP Winarto dan Tim Lentera-nya dalam bukunya yang membahas tentang tanaman sayur, insomnia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk tidur karena ketegangan saraf atau asiditas yang berlebihan di dalam sistem tubuh.

“Insomnia atau sulit tidur dapat diatasi dengan mengonsumsi tanaman sayur yang bersifat anti-insomnia, hipnotis dan saporifis. Tanaman sayur memiliki alkaloid yang membuat saraf tegang menjadi lebih rileks,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, kegelisahan penderita insomnia akan berkurang, menjadi lebih tenang dan dapat tidur nyenyak. Selain itu dapat digunakan pula kol dan bawang-bawangan.

Menurut Ir WP Winarto, tanaman sayur merupakan asupan yang memiliki nilai lebih dalam mengontrol berat badan. Obesitas terjadi karena berat badan melebihi kebutuhan rangka dan fisik seseorang. Hal itu disebabkan akumulasi lemak di dalam tubuh yang berlebihan.

Obesitas juga merupakan wujud refleksi dari kegagalan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. “Obesitas dapat terjadi karena faktor keturunan,” ungkapnya dalam buku itu. Selain merusak penampilan, obesitas dapat memicu munculnya beberapa penyakt seperti hipertensi, jantung koroner, diabetes mellitus dan stroke.

NAMUN Ir WP Winarto menambahkan bahwa pada dasarnya berat badan seseorang dapat dikontrol dengan baik jika mengonsumsi makanan yang kaya akan air, serat dan berkalori rendah.

“Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi tanaman sayur. Serat dan air akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama, sehingga kecenderungan makan berlebih dapat dikurangi atau dicegah,” jelasnya.

Tanaman yang mengandung kalori rendah sangat baik untuk berdiet bagi mereka yang mengalami obesitas. Ada beberapa tanaman sayur yang dapat dikonsumsi dengan tujuan mengontrol berat badan, yakni jagung, asparagus, kembang kol dan kubis. Dan lobak, tentunya.

Pada sisi lain Ir WP Winarto mengetengahkan beberapa manfaat lobak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Beberapa resep disampaikannya untuk mengatasi gangguan pada hidung dan tenggorokan.

Untuk cegukan dan tersedak, misalnya, disarankan untuk mempergunakan rimpang jahe dan umbi lobak secukupnya. Rimpang jahe dilumat dan dijus bersama lobak. Tambah madu secukupnya dan dituangkan ke dalam air panas secukupnya. Hasilnya diminum sekaligus. Lakukan cara ini sehari satu kali.

Sementara bila mengalami ingusan atau ingus keluar terus-menerus, ambil saja 1 lobah besar, dibersihkan, dipotong-potong dan dijus dengan air secukupnya. Diminum sekaligus satu jam sebelum makan pagi.

BAGI para penyanyi, bila tenggorokan terasa serak, dapat dihilangkan dengan lobak. Khusus untuk mennghilangkan rasa serak, ada tiga cara disampaikan Ir WP Winarto dan Tim Lentera-nya.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan 150 gram umbi lobak dan 20 gram gula putih. Kedua bahan itu diblender dengan air secukupnya. Hasilnya diminum sekaligus, maka serak akan berkurang dan hilang.

Serak tenggorokan juga dapat dihilangkan dengan menggunakan kombinasi lobak dan anggur. Bahan yang digunakan adalah 150 gram lobak putih dan 150 gram anggur. Keduanya dijus dengan air matang secukupnya. Hasilnya diminum satu kali sehari.

Duet lobak dan anggur dapat pula diganti dengan lobak dan jahe. Lobak yang digunakan sebanyak 150 gram sementara jahe-nya cukup dengan 5 gram. Keduanya diblender dengan air secukupnya, hasilnya diminum sekaligus.

Untuk mengatasi insomnia dan sulit tidur karena gangguan saraf, dapat pula digunakan lobak secukupnya dan air perasan jeruk nipis. Keduanya dijus, hasilnya diminum sekaligus, maka dapat menenangkan saraf dan membuat seseorang mudah tidur.

Batuk: Akar Lobak 5 buah
Gula secukupnya
Cara pembuatan:
Lobak diparut kemudian diperas dan disaring. Beningannya ditambah gula secukupnya. Diamkan semalam dan enaptuangkan.
Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sehari 1 ramuan.
Lama pengobatan:
Diulang selama 7 hari.

Demam
Orang yang sering menderita demam dianjurkan makan sayuran lobak. Lobak dapat melancarkan air seni.




note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com