.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Wednesday, April 04, 2007

HIDANGAN ANTI JERAWAT

Hidangan Pengusir Jerawat

Nutrition
Thu, 02 Nov 2006 15:30:00 WIB

Wanita maupun pria pasti merasa sebal jika ada jerawat bertengger di wajahnya. Selain merusak penampilan, juga membuat tidak nyaman. Menu berikut bisa dijadikan penghalang timbulnya jerawat.Jerawat muncul karena berlebihnya produksi minyal sebum di pori-pori kulit, khususnya di bagian wajah dan punggung. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan mudah terinfeksi.Produksi yang berlebih ini umumnya terjadi pada kelompok usia belasan tahun karena meningkatnya hormon seks. Umumnya lebih banyak dialami pria daripada wanita.Acne atau jerawat dapat terjadi pada pria atau wanita usia 20-an tahun. Pada wanita biasanya dialami sebelum menstruasi, meski kadang juga terjadi saat menopause.

Beberapa ahli percaya bahwa jerawat dapat terjadi akibat stres dan bisa pula disebabkan oleh makanan. Makanan dengan lemak jenuh tinggi dan cokelat selalu disebut sebagai penyebab jerawat, meski belum ada bukti ilmiah yang jelas.Jadi, tidak ada kaitaan antara cokelat dan lemak jenuh dengan timbulnya jerawat. Kecuali jika konsumsi makanan manis, lemak tinggi, dan junk food terlalu banyak, sehingga kurang zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh.Makanan tinggi garam juga merupakan faktor penunjang terjadinya jerawat. Jadi, sangat baik mengurangi konsumsi makanan tinggi garam.

Dokter kadang memberikan antibiotika untuk membantu menyembuhkan jerawat. Sayangnya, jika diberikan dalam jangka panjang, antibiotika akan mengurangi bakteri baik dalam usus.Nah, mengonsumsi yogurt membantu mempertahankan bakteri baik dalam usus. Bakteri Acidophilus yang ada dalam yogurt juga dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Penggunannya seperti krim wajah, yaitu dengan mengoleskannya pada jerawat saat malam hari.

Vitamin Penyehat Kulit

Kebanyakan ahli setuju bahwa diet tinggi vitamin C dapat diterapkan untuk melawat infeksi. Vitamin C terkandung dalam buah segar dan sayuran. Seandainya penderita jerawat menolak makanan tersebut, dapat dibantu dengan asupan suplemen vitamin E, C dan zinc.Vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kita bisa mengonsumsi bahan makanan kaya betakaroten seperti wortel, aprikot, pepaya, ubi merah, brokoli, sayuran hijau, dan lainya. Di dalam tubuh, betakaroten akan dikonversi menjadi vitamin A.Makanan yang mengandung zinc seperti kerang-kerangan dan daging tanpa lemak juga dianjurkan diasup mereka yang berjerawat. Diyakii, timbulnya jerawat ada kaitannya dengan kurangnya zinc.

Untuk meningkatkan kesehatan kulit juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E seperti minyal dari tumbuh-tumbuhan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


Kentang Panggang Isi Daging Brokoli








Untuk 4 porsi (1 porsi = 258 kalori)


Bahan:
4 bh kentang besar (masing-masing besarnya sama)
1 sdm butter
50 gr keju parut
50 gr daging giling, ditumis
100 gr brokoli, dipotong kecil, diblanching
Sedikit keju parut untuk taburan
Peterseli untuk hiasan

Cara membuat:

1. Kentang dicuci bersih, dipanggang dalam oven sampai masak, angkat. Lubangi bagian tengahnya dengan sendok kecil, keluarkan isinya hingga berbentuk menyerupai mangkuk.
2. Hancurkan isi kentang tadi dengan garpu, panas-panas campur dengan butter, keju, daging giling dan brokoli, aduk rata.
3. Masukkan kembali adonan tadi ke dalam mangkuk kentang, beri taburan keju parut di atasnya lalu panggang dalam oven sampai bagian atasnya kecoklatan, angkat.
4. Hidangkan, selagi hangat.


Pasta Dengan Seafood Dan Wortel




Untuk 5 porsi (1 porsi = 331 kalori)
Bahan:
2 sdm margarin untuk menumis
50 gr bawang bombat diiris-iris
3 siung bawang putih dicincang
100 gr cumi-cumi diiris kecil
100 gr udang dikupas kulitnya
150 gr wortel dipotong dadu, diblanching
3 sdm saus tomat
1 sdt sambal botolgaram secukupnya
250 gr pasta fusilli, direbus ditiriskan
50 gr paprika hijau diiris
50 gr keju parut untuk taburan
Cara membuat:
1. Tumis dengan margarin: bawang bombai, bawang putih, cumi dan udang. Masukkan wortel, saus tomat, sambal botol, garam.
2. Masukkan pasta fusilli yang telah direbus dan irisan paprika, aduk rata, angkat.
3. Sajikan dalam piring saji, atasnya taburi dengan keju parut.
4. Hidangkan segera.


note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com