.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Wednesday, April 04, 2007

SAJIAN ANTI PENUAAN

Sajian Anti Penuaan

Nutrition
Thu, 31 Aug 2006 15:30:00 WIB


Setiap hari kita terpapar racun dari lingkungan melalui polusi seperti tembakau, radiasi, dan asap kendaraan. Selain itu, makanan yang kita jumpai penuh bahan pengawet dan pewarna. Belum lagi makanan olahan yang biasanya berlemak tinggi.Semua itu disebut oksidan dan menimbulkan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Ini dapat menyebabkan premature aging (penuaan dini), aterosklerosis, penyakit jantung, kanker, artritis, dan penyakit degeneratif lainnya.

Memilih Makanan kaya antioksidan akan membuat kita mampu mempertahankan kesehatan tubuh serta menghambat proses penuaan. Meski tubuh menghasilkan antioksidan, gaga hidup yang rentan stres dapat menguranginya. Karena itu, penting untuk memanfaatkan makanan yang berkualitas dan segar.

Apa saja zat gizi yang berfungsi sebagai antipenuaan?

Asam Amino
Protein ini dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel rusak. Somber: antara lain ayam, daging, sea food, telur, susu skim, yoghurt, keju cottage, dan kacang-kacangan.

Betakaroten
Merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh serta menghentikan efek kerusakan sel. Juga mengurangi oksidasi lemak tubuh, sehingga mencegah terjadinya endapan dalam arteri. Sumber: antara lain wortel, tomat, ubi, brokoli, bayam, cabai merah, buah yang dagingnya berwarna kuning dan merah seperti pepaya, mangga, melon, dan jeruk.

Kalsium
Konsumsi kalsium sangat penting diperhatikan sejak usia anak untuk tabungan tulang masa depan, sehingga menguatkan tulang, mencegah osteoporosis, serta bermanfaat untukfungsi otot dan saraf. Sumber: antara lain susu, sayuran berdaun hijau, rumput laut, tahu, sarden, salmon, almond, dan biji-bijian.

Koenzim Q10
Membantu tubuh dalam mengonversi makanan menjadi cadangan energi dan menguatkan jantung. Juga berperan sebagai antioksidan dan menghambat perubahan degeneratif. Sumber: antara lain ikan, minyak sayur, kacang-kacangan, wheat germ, bayam, dan brokoli.

Folat
Sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan folat berhubungan dengan keadaan mudah lelah, depresi, dan penyakit jantung. Sumber antara lain ekstrak yeast, kedelai dan kacang hitam, wheat germ, sereal, jeruk, bergs mesh, sayuran berdaun hijau.

Omega 3
Merupakan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi.Sumber: antara lain ikan (salmon, anchovy, makerel, herring, sarden, tuna), kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selenium
Selenium adalah trace element yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat dan mampu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. Juga balk untuk memelihara kulit.Sumber: antara lain yeast, walnut, lentil, biji bunga matahari, brokoli, kol, onion, bawang putih, jamur, tuna, sarden, dan salmon.

Vitamin B
Merupakan golongan vitamin larut air yang sangat penting untuk perkembangan sistern saraf, menstabilkan metabolisme, dan membantu sistem pencernaan. Sumber antara lain ekstrak yeast, whole grain, biji bunga matahari, kacang-kacangan, telur, unggas, jamur, dan ikan berlemak.

Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat. Konsumsi tinggi vitamin C dapat memperbaiki aliran darah dan sistem imunitas, serta menghambat penuaan. Sumber. antara lain apel, pir, jeruk, kiwi, stroberi, melon, mangga, pepaya, anggur merah, cabai merah dan hijau, brokoli, kol merah dan hijau, lettuce, tomat.

Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan yang kuat, mampu melindungi membran sel dari oksidasi dan mencegah timbulnya endapan pada arteri. Sumber antara lain wheat germ, biji bunga matahari, alpukat, tuna, salmon, bayam, almond, minyak sayur, serta sayuran berdaun hijau.

Zinc
Bermanfaat untuk pertumbuhan dan meningkatkan kesuburan, melawan radikal bebas, menguatkan sistem imunitas, kesehatan kulit dan rambut. Sumber antara lain wheat germ, hat, tiram, kerang hijau, biji-bijian, rumput laut, kacang-kacangan, dan daging.


@Cah Makaroni Ayam Brokoli








Untuk 5 porsi (1 porsi = 245 kalori)

Bahan:

3 sdm minyak untuk menumis
50 gr bawang bombai diiris-iris
3 siung bawang putih dicincang
1 iris jahe
250 gr daging ayam, dipotong kecil
500 gr makaroni, direbus, ditiriskan
250 gr brokoli diiris halus
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
1 sdt gula pasir
1 sdt tepung maizena, untuk mengentalkan

Cara membuat:

1. Bawang bombai, bawang putih, dan jahe, ditumis dengan minyak sampai layu.
2. Masukkan daging ayam, tumis sampai layu. Masukkan air, masak sampai daging lunak dan kuah tinggal sedikit.
3. Masukkan makaroni dan brokoli. Masak sampai sayur matang, beri merica, garam dan gula, kentalkan dnegan tepung maizena, aduk rata. Tambahkan garam jika rasanya masih kurang, angkat.
4. Hidangkan selagi panas.


Selada Warna-Warni Dressing Vinaigrette Tomat




Untuk 5 porsi (1 porsi = 255 kalori)
Bahan:
200 gr kol merah diiris halus
100 gr lettuce diiris halus
100 gr ikan sarden
100 gr wortel diparut kasar
100 gr timun hijau diparut kasar
Bahan dressing vinaigrete tomat:
3 sdm minyak zaitun
6 sdm minyak sayur
2 sdm air jeruk lemon
1 sdm bawang bombai cincang
1/2 sdt bawang putih cincang
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
100 gr tomat dicincang halus
30 gr paprika hijau diriis panjang halus
30 gr paprika merah diiris panjang halus
Cara membuat:
1. Buat Dressing. Campur minyak zaitun, minyak sayur, dan air jeruk lemon. Masukkan bawang bombai, bawang putih, garam, merica, gula, tomat cincang, paprika hijau, dan paprika merah, aduk rata.
2. Atur sayuran di piring saji, atasnya beri ikan sarden kemudian siram dengan dressing.
3. Hidangkan segera.

Sumber: Senior



note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Image hosted by Photobucket.com