.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Sunday, May 27, 2007

MENYIAPKAN JUS LEZAT DI RUMAH


Rabu, 24 Januari 2007, 14:50 WIB, Oleh : Dyah M Nugrahani

Menyiapkan jus sendiri di rumah tidaklah sukar. Anda dapat memilih sendiri buah-buahan dan sayuran yang benar-benar matang dan segar agar vitamin, mineral, dan substansi lainnya masih dalam keadaan baik. Jangan tergoda membeli yang terlalu matang, sebab Anda tidak akan mendapat seluruh nutrisi yang seharusnya. Anda juga dapat mengontrol sendiri dengan tepat perbandingan berat buah atau sayuran yang dicampur. Kebersihan pun lebih terjamin, dan tentu lebih ekonomis.
Jus buah-buahan atau sayuran akan tetap cemerlang warnanya bila Anda campur dengan sedikit jeruk (lemon, keprok atau nipis). Penambahan jeruk akan menambah khasiat jus. Untuk pemanisnya lebih baik Anda gunakan madu atau gula merah (khususnya untuk jus alpukat). Agar tambah lezat Anda bisa mendinginkan bahan jus terlebih dulu di dalam lemari es. Namun ingat bahwa tidak semua buah dapat didinginkan. Apabila Anda mau menyimpan buah-buahan tertentu dalam waktu yang lama maka Anda dapat membekukannya dengan cara menyimpannya dalam kantong hampa udara atau dibungkus kantong pembeku. Umumnya buah dapat bertahan 3 bulan lamanya.Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu buah-buahan segar atau sayuran yang hendak dijus. Pakai sebuah sikat kecil untuk memastikan semua kotoran hilang. Jangan selalu mengupas buah atau sayuran yang akan dijus karena justru nutrisi ada di bagian kulit.
Jus akan sangat berkhasiat bila segera diminum setelah selesai dibuat. Karena nutrisi dalam jus berserat menguap dengan cepat dan akan membusuk bila terkena udara segar. Minumlah jus dengan perlahan-lahan sehingga semua khasiat jus dapat diserap dengan baik. Berikut kami berikan beberapa resep jus buah dan sayuran yang berkhasiat mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit.
1> Jus Sirsak, Nenas, dan Pepaya
Khasiat: memperlancar pencernaan, anti sembelit dan meningkatkan nafsu makan.
Bahan: 250 g sirsak, 100 g nenas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 100 cc air dingin atau es.
Cara membuat: Sirsak dan air dibuat juice, diberi madu dan air jeruk nipis. Nenas dan pepaya dipotong-potong berbentuk dadu kecil. Campurkan potongan nenas dan pepaya dengan juice sirsak.
2> Wedang Jahe Semangka
Khasiat: melancarkan pencernaan dan mencegah kanker.
Bahan: 250 g buah semangka, 250 ml air, 125 ml sari jahe, 2 sendok makan gula pasir, 1 ons irisan jahe.
Cara membuat: buah semangka dibuat bulat-bulat dengan cetakan, lalu dinginkan beberapa jam dalam lemari es. Campurkan air, sari jahe, dan gula, lalu didihkan dengan api sedang. Campurkan semua bahan kemudian hidangkan.
3> Nanas Campur
Khasiat: membantu pencernaan protein, membantu kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah, dan menjaga kesehatan kulit.
Bahan: 100 g wortel, 100 g mentimun, 250 g nanas matang, 4 buah cabe merah, 50 ml cuka, 400 ml air, 100 g gula merah, garam secukupnya.
Cara membuat: Bersihkan (cuci) sayuran dan buah-buahan, wortel, mentimun, dan nanas dipotong-potong sebesar batang korek api atau diparut gobet. Haluskan cabai merah kemudian tambahkan cuka, air, gula merah, dan garam. Selanjutnya didihkan hingga gula larut. Masukkan wortel, mentimun, dan nanas. Biarkan hingga bumbu meresap.
4> Teh Jeruk Segar
Khasiat: menyembuhkan sariawan, menghilangkan batu empedu, dan mencegah sembelit.
Bahan: 2 kantung teh celup, 500 ml air mendidih, 60 ml air jeruk nipis, 50 cc madu, 250 g nanas, cincang kasar, 500 ml sari jeruk lemon, 150 g melon, potong kecil-kecil, 2 buah jeruk lemon berkulit, iris tipis.
Cara membuat: Tuangkan air mendidih ke dalam teh celup sampai sari teh keluar, kemudian disisihkan. Didihkan air jeruk nipis dan gula pasir di atas api sedang sampai gula larut. Angkat dan biarkan sampai dingin. Ke dalam seduhan air teh, masukkan larutan gula dan air jeruk, nanas cincang, sari buah jeruk, sari buah lemon, potongan melon, dan irisan jeruk lemon, kemudian diaduk rata. Simpan di lemari pendingin sampai waktu dihidangkan. Sajikan dalam keadaan dingin dalam gelas
note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com