.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Friday, May 18, 2007

KESEMEK, LEBIH HEBAT DARIPADA APEL


Natural Healing Sat, 31 Jul 2004 09:34:00 WIB

Buah yang genit karena berbedak. Kesemek merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Inilah buah yang paling merana. Terus-terusan dipandang sebelah mata dan diolok-olok. Karena kulit buahnya ditempeli serbuk putih, kesemek dijuluki buah genit, dianggap suka berbedak. Lantaran bentuk buahnya mirip apel kesemek sering pula disebut apel Jawa. Sebutan ini sedikit terkesan merendahkan karena bermakna "bukan apel yang sebenarnya".
Kesemek memang bukan apel. Pamornya sebagai buah pun jauh di bawah apel impor maupun lokal. Rasanya jarang' sekali ada yang menjadikan kesemek sebagai buah favorit. Sulit menemukannya di supermarket atau toko-toko buah berkelas.Bila ingin kesemek, carilah di pasar tradisional. Tak perlu repot-repot menawar karena harganya sudah murah. Biasanya tak sampai Rp 5.000 per kilo. Mungkin karena identik dengan harga murah, kesemek kadung dicap sebagai buah rakyat. Entah karena faktor ini atau sebab lain, banyak yang enggan membeli kesemek untuk disuguhi menjamu tamu lantaran gengsi.
Menggantikan Apel
Image yang diberikan masyarakat tentang kesemek sangat tidak sebanding dengan karakteristik buah itu sendiri. Sebenarnya dengan daging buah berwarna merah kekuningan, kesemek memiliki rasa yang cukup enak. Bila sudah mencoba, Anda akan menemukan perpaduan rasa legit, manis, dan segarnya.Lebih penting dari sekadar patokan rasa, sebetulnya bila dilihat segi manfaat kesemek layak disejajarkan dengan buah apel yang sebenarnya. Pakar kesehatan senantiasa menyarankan mengonsumsi apel setiap hari untuk mencegah penyakit jantung dan membantu membentuk tubuh langsing. Untuk urusan kesehatan ini, kesemek bisa menggantikan posisi apel.
Buah yang juga dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebat dengan apel. Bahkan dalam hal kandungan zat tertentu, kesemek lebih unggul. Misalnya zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek, lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel.
Zat-zat Hebat
Kesemek bersifat `sedang-sedang saja', tidak panas dan tidak dingin, dan yang cukup penting tidak beracun. Berdasarkan riset, diketahui ternyata banyak zat kimia hebat di dalam buah kesemek. Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini. Mengonsumsinya dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru-paru dan menguatkan limpa.
Satu poin penting, sebutir kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Kesemek juga berkhasiat menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.Nah, Tuhan telah menciptakan kesemek dengan segala nilai lebihnya. Sepatutnya kita memanfaatkan kelebihan itu untuk kebaikan diri kita dan keluarga, bukan sebaliknya menganggap remeh sesuatu yang berharga.
Resep obat kesemek
1> Perut panas dan nyeri
Ambil 1 buah kesemek segar, kupas kulitnya lalu makan daging buahnya.
2> Tekanan darah tinggi.
Ambil 1-2 buah kesemek matang, jadikan jus. Berikan pada penderita sekali sehari.
3> Batuk disertai dahak kental
Ambil dua potong kue persimon dan 30 gram madu. Tambahkan air, kukus dalam wadah tertutup, lumatkan dan makan. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari.
4> Diare pada anak kecil
Ambil 1 potong kue persimon, sedikit nasi dan air. Giling hingga menjadi pasta.Kukus sampai masak dan berikan pada penderita. Lakukan 3 kali sehari selama 2-3 hari.
Cara membuat kue Persimon
PETIKLAH BUAH KESEMEK YANG WARNA KULITNYA SUDAH BERUBAH MENJADI KUNING.
Kupas dan buang kulitnya lalu jemur. Ketika dijemur, sering-sering menekan buah tersebut sehingga bentuknya berangsur-angsur menjadi gepeng. Buah kesemek dijemur sampai kering, cirinya lapisan putih pada permukaan buah terlihat jelas. Kesemek kering, gepeng, dan berpermukaan putih inilah yang dinamakan kue persimon.
(Sumber: Buku Terapi Buah)

Sumber:
CBN
note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

5 Comments:

At 2:24 PM, Blogger Ibrahim said...

Mbak Tyas thanks bgt nih buat blog kesemek nya, bener2 membantu,
mungkin di jus enak kali ya?
ternyata manfaatnya banyak juga yah.
semoga selalu ada topik2 baru dari mbak tyas...

salam,

Ibrahim
Jakarta

 
At 4:23 AM, Anonymous Anonymous said...

Sebenarnya persimmon itu mahal loh di jepang :) di amrik banyak juga yang nanem persimmon. begitu panen, buset deh...pada bagi2 euy....
rasanya enak juga.

 
At 9:18 AM, Anonymous Fitri said...

Terima kasih infonya, minta izin untuk copas tulisannya ya mbak. Mau ikut mempopulerkan buah ini kepada teman-teman saya. Kemaren jalan-jalan ke supermarket lihat buah ini terus jadi terinspirasi. Nuwun :)

 
At 1:42 PM, Anonymous Rini said...

thanks bgt bwt info nya....
ternyata justru buah2an yg dianggap "kampungan" jauh lebih komplit kandungan manfaat nya, cth: pepaya, jambu biji, bengkoang dan si kesemek ini.
ok banget.... sehat, murah gak susah dicari :)

 
At 11:02 PM, Anonymous Anonymous said...

Setahu saya buah kesemek di Jawa Barat disebut juga Apel Garut. Tidak tahu kenapa disebut seperti itu, mungkin karena kota Garut juga menghasilkan buah jeruk yang disebut Jeruk Garut.
Sedangkan di Jerman, buah kesemek disebut buah Kaki, tidak seperti buah Kesemek yang dibedaki, buah ini sudah cantik. Biasanya dijual menjelang musim dingin, bersama buah Apel, Mangga, dan buah Kurma segar. Dijual di banyak Supermarket, atau di jongko-jongko yang banyak dilalui turis.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com