.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Wednesday, May 16, 2007

VITAMIN D BANTU CEGAH RESIKO KANKER PAYUDARA

http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1096


Tingginya kadar
vitamin D dapat memperlambat perjalanan penyakit dari kanker payudara. Hal itu didasarkan pada penelitian kecil terhadap wanita yang sakit, ditemukan bahwa pasien yang menderita kanker payudara tahap awal memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam tubuhnya bila dibandingkan dengan mereka yang telah menderita kanker stadium lanjut.

Para peneliti menilai jumlah vitamin D pada contoh darah dari 279 wanita yang menderita kanker payudara, terdiri dari 204 wanita yang menderita penyakit stadium dini dan 75 lainnya menderita penyakit stadium lanjut.

Hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kejadian penyakit kanker payudara lebih tinggi pada wanita yang hidup di lingkungan dengan ruang gerak tinggi namun kurang mendapatkan sinar matahari. Vitamin D sering juga disebut vitamin matahari, banyak ditemukan dalam
susu dan produk makanan, minyak ikan cod, dan beberapa lemak yang bersumber dari ikan.

Tubuh kita memproduksi vitamin D di kulit saat kita terpapar sinar matahari. Tes laboratorium juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Kanker payudara cukup banyak dialami oleh wanita, sesuai dengan yang dilaporkan oleh International Agency for Research on Cancer (IARC). Namun, kanker pada stadium dini yang terdeteksi dan segera diterapi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sembuh.

Meski demikian para ahli tidak mengetahui apakah kadar yang rendah dari vitamin D merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Sebuah penelitian terakhir menyebutkan bahwa kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi perjalanan penyakit kanker dari stadium dini menjadi stadium lanjut. Yang selama ini diketahui, faktor risiko terjadinya kanker payudara adalah mutasi gen,
pubertas dini, menopause yang terlambat serta wanita yang tidak melahirkan anak.
note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Image hosted by Photobucket.com