.comment-link {margin-left:.6em;}

Sehat & Segar Dari Alam

Wednesday, May 16, 2007

WORTEL, DIOLAH DAHULU LEBIH BAIK

WORTEL RAJANYA VITAMIN A

Ingin punya mata indah, kulit mulus kuning langsat, dan tampilan awet muda? Nah, makanlah wortel. Asalkan jangan overdosis.
Anda ingat Bugs Bunny? Tahukah Anda bahwa si kelinci cerdik itu tahu sebuah rahasia ketika ia mencuri wortel dari kebun Elmer Fudd menggigitnya, kemudian berkata, "Eh, what's up doc?" Ya, karena wortel kaya akan nutrisi. Kalau Anda sering mendengar wortel baik untuk kesehatan mata, itu sama sekali bukan mitos. Kadar vitamin A yang tinggi pada wortel membantu fungsi retina mata. Bahkan, selama perang dunia ke II, pilot-pilot pesawat tempur sekutu diperintahkan makan wortel untuk menajamkan penglihatan mereka. Dan yang pasti wortel menyimpan segudang khasiat lainnya.

Wortel, dulu dan sekarang. Wortel yang nama latinnya Daucus Carota telah banyak digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Tumbuhan saur ini bias ditanam sepanjang tahun, terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kira-kira pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

Dulu wortel yang dikenal bukanlah yang berwarna jingga, melainkan ungu dan merah tua. Rasanya juga tidak seenak dan semanis wortel jingga. Malah, jika direbus akan berubah warna menjadi coklat, begitu juga dengan air rebusan serta bahan-bahan lain yang direbus bersama dengannya. Karenanya, tak heran bila bangsa Babylonia lebih mengenal daun dan biji wortel sebagai bahan aromaterapi, daripada umbinya sebagai bahan makanan.

Penggempur radikal bebas Selain rasa yang enak, wortel mengandung banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Tiga yang utama adalah beta karotene, vitamin A, dan phytochemicals. Bisa dibilang, dibandingkan buah atau sayur lain, wortel adalah rajanya karoten. Di dalam tubuh, beta karotene akan di ubah menjadi vitamin A yang berguna untuk meningkatkan imunitas, menyehatkan kulit dan mengurangi jerawat, menjaga kesehatan mata, tulang, gigi, alat reproduksi, serta menjaga pertumbuhan sel. Vitamin A juga dikenal sebagai antioksidan yang merupakan 'tentara' penggempur radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif.

Di samping beta karotene, pada wortel juga ditemukan alpha karotene. Menurut artikel ang dimuat di NCI Cancer Weekly (Nov. 13, 1989), Michiaki Murakoshi, kepala penelitian biokimia Japan's Kyoto Prefectural University of Medicine, mengatakan bahwa alpha karotene mungkin lebih ampuh daripada beta karotene dalam menghambat proses pertumbuhan tumor.

Sedangkan phytochemicals, yang menyebabkan warna cerah pada wortel dapat mengurangi risiko sakit kanker, stroke osteoporosis, infeksi kandung kemih serta menghambat penuaan dini.

Mana yang lebih baik mentah atau matang? Bila umumnya sayuran lebih baik dimakan mentah, wortel justru lebih bernutrisi bila dikonsumsi setelah matang. Wortel mentah memiliki dinding sel yang kuat (keras), sehingga tubuh hanya bias mengubah kurang dari 25% beta karoten menjadi vitamin A. Dengan dimasak, akan melarutkan sebagian dinding selulosa yang tebal tersebut, dan membebaskan nutrisi dengan cara memecah membransel. Khasiat antioksidannya pun turut meningkat.

Kalau Anda suka memotong-motong wortel sebelum memasaknya, hentikan kebiasaan ini! Saat direbus atau dikukus, setengah dari protein dan karbohidrat yang mudah larut akan hilang. Lebih baik Anda memasaknya dalam keadaan utuh baru kemudian dipotong-potong.

Jangan overdosis!
Wortel juga baik untuk diet. Sebuah wortel ukuran besar mengandung 1 gram protein, 2 gram serat, 7 gram karbohidrat dan 0 gram lemak dan hanya 31 kalori. Wortel juga banyak mengandung air (87%).

Namun terlalu banyak mengkonsumsi wortel akan membuat warna kulit menjadi jingga kekuningan. Ini disebabkan tubuh tidak mampu menyerap karotene yang berlebi, atau justru tubuh tidak mampu memproses karotene yang terdapat di dalam wortel. Tapi bias juga karena liver (hati) Anda bermasalah. Akibatnya warna tersebut muncul pada kulit, Kalau sudah begitu stop dulu makan wortel, tunggu hingga kondisi pulih dalam beberapa hari.

Jumlah karoten yang bias menyebabkan kulit berubah warna sangat bervariasi. Tapi sebuah studi menunjukkan rata-rata 50 mg wortel sehari dapat membuat kulit berubah warna dalam 10 hari.

RESEP SEHAT & CANTIK DENGAN WORTEL

Menghaluskan Wajah:1-2 wortel ukuran besar + 2 sendok makan maduCaranya: Masak wortel, lalu hancurkan hingga lembut, Campur dengan madu. Oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air.

Mengatasi nyeri haid: 250 gram wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air, lalu di-blender. Minum 2 kali sehari.

Mengatasi hipertensi: 500 gram wortel dicuci, diiris halus, beri sedikit air matang, saring, kemudian minum airnya.
Wortel dapat pula meningkatkan kesuburan bagi wanita dan meningkatkan kualitas sperma pria, dengan cara mengkombinasikan antara wortel, apel, dan tauge. Satu buah apel, tiga ons wortel dan setengah kilogram taoge bias untuk sekali minum suami-istri. Jus dibuat dengan cara taoge dijus lebih dahulu dengan menambahkan sedikit air setelah itu wortel beserta apel. Jus setelah halus disaring dan diminum setiap pagi dan sore.
Sumber: Majalah Fit, edisi Agustus 2003.
note :

Psssttt....please leave me a name if U wanna comment on my post, OK ? I don't receive anonimous comment...

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Image hosted by Photobucket.com